Manfaat Pengusaha UMKM Memiliki Sosial Media, Penting Banget!
Keberadaan sosial media saat ini sangat penting, termasuk dalam meningkatkan bisnis bagi banyak pengusaha UMKM. Media sosialdiyakini berperan penting bagi pengusaha dalam mempromosikan produknya. Ini termasuk usaha kecil atau usaha mikro, usaha kecil dan mikro (UMKM).
Jika kamu seorang pengusaha UMKM, tetapi belum menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk, sebaiknya pertimbangkan untuk mulai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi bisnis. Saat ini, banyak pengusaha percaya bahwa media sosial memainkan peran penting dalam mengembangkan bisnis saat ini.
Apalagi di era digital sekarang ini, tidak semua orang bisa lepas dari aplikasi smartphone, dimana setiap smartphone tersedia di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, Whatsapp dan masih banyak lagi yang digunakan oleh pengguna smartphone. . .
Fungsi Sosial Media Untuk Pengusaha UMKM
Jika kamu adalah pengusaha UMKM, tetapi belum menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis, sangat disayangkan. Dengan banyaknya pengguna media sosial saat ini dari berbagai latar belakang, kamu dapat menggunakannya sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis. Ada banyak cara bagi bisnis untuk memanfaatkan media sosial. Berikut beberapa manfaat media sosial yang bisa pengusaha UMKM manfaatkan:
Media sosial Sebagai Toko Bisnis Online
Jika kamu sudah melakukan bisnis UMKM offline, maka manfaatkan media sosial untuk memiliki toko online. Karena siapapun dapat memeriksa media sosial online 24 jam sehari. Bahkan ketika kamu sedang tidur, orang lain masih dapat melihat jejaring sosial. Media sosial tidak memiliki batasan waktu, penggunanya dapat mengakses media sosial kapan saja dan dimana saja.
Meningkatkan Potensi Penjualan
Ketika kamu menyebutkan halaman media sosial, itu secara positif mempengaruhi peringkat di hasil mesin pencari. Ini membantu calon pelanggan menemukan bisnismu.
Padahal, dengan metode promosi yang tepat dan strategi khusus, kamu sebagai pengusaha UMKM bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram atau lainnya untuk meningkatkan penjualan produk yang kamu tawarkan. Media sosial cenderung memudar seiring berjalannya waktu. Siapa pun dapat terhubung secara instan.
Keuntungan bisnis menggunakan sosmed adalah dapat menjangkau banyak target pasar secara bersamaan. Kamu dapat membuat posting dan membagikannya secara bersamaan dengan semua pengikut. Jika ingin menjangkau area yang lebih luas, kamu bisa menggunakan fitur broadcast.
Menentukan Segmen Pasar
Manfaat selanjutnya penggunaan sosial media bagi pengusaha UMKM adalah kamu dapat menentukan segmen pasar dengan sangat cepat. Beberapa media sosial sering menggunakan pengguna dari latar belakang tertentu.
Misalnya, LinkedIn banyak digunakan oleh para profesional dan perusahaan. Kamu dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan mitra bisnis atau pemasok. Juga, jika target pasar adalah anak muda, kamu dapat menggunakan aplikasi Tiktok.
Juga, jika kamu ingin mengelompokkan pasar Anda ke segmen yang berbeda, kamu dapat menggunakan Facebook. Kamu dapat bergabung dengan banyak grup atau komunitas Facebook untuk dipromosikan.
Membangun Kepercayaan Pelanggan
Dalam pemasaran khususnya pemasaran online yang sering dilakukan pengusaha UMKM, membangun kepercayaan pelanggan sangatlah penting. Seringkali pelanggan mungkin ragu untuk membeli suatu produk karena mereka tidak dapat membayangkan seperti apa produk kamu sebelumnya. Hal ini adalah salah satu hambatan untuk menjual melalui e-commerce.
Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sosial media untuk mengiklankan produk dari berbagai sudut pandang. Kamu dapat mengunggah foto atau video lengkap.
Karena beberapa pembeli online mungkin mencoba mencari akun Instagram atau akun Tiktok untuk melihat gambar produk yang jelas.
Manfaat terbaik dari penggunaan sosial media bagi pengusaha UMKM sebenarnya adalah peningkatan penjualan. Manfaat sosmed untuk bisnis, jika dilakukan dengan benar, dapat memberikan efek domino pada pertumbuhan bisnis.
Kamu selalu dapat membuka kolom diskusi atau QnA di jejaring sosial. Kemudian kamu dapat menjawab dan menjawab pertanyaan apa pun. Umpan balik kamu akan sangat penting dalam membangun kepercayaan pelanggan bagi pengusaha UMKM. Lagi pula, pelanggan yang puas dapat membeli produk atau merekomendasikannya kepada orang lain.
Dapatkan informasi lainnya terkait ilmu Digital Marketing di ADSolution.id, Your Busines Digital Solution.