Pastinya diantara kamu masih banyak yang bingung mengenai apa yang dimaksud dengan SEO? Tentu ini menjadi banyak pertanyaan banyak orang yang baru masuk dalam dunia marketing.
SEO adalah cara untuk mempromosikan dan menyajikan profil produk atau situs web untuk perusahaan dan bisnis. Website merupakan salah satu media atau platform yang digunakan oleh para pengusaha dalam digital marketing saat ini. Website juga digunakan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk berupa produk atau jasa.
Tentu saja, ada banyak cara untuk melakukannya selain SEO. Mulailah dengan SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada periklanan di Google, kemudian iklan media sosial, dan berbagai metode lainnya di bidang saluran pemasaran. Pada artikel kali ini kita hanya fokus pada pembahasan terkait apa yang dimaksud dengan SEO.
Apa yang Dimaksud Dengan SEO?
SEO adalah jenis pengenalan yang diberikan kepada halaman web yang masuk ke halaman pertama mesin pencari Google. Oleh karena itu, definisi lengkap , terutama dalam pencarian organik. Yang mana, pencarian organik dilakukan oleh pengguna atau ketika memasukkan kata kunci pencarian (keyword) di browser dan mesin pencari Google.
SEO lebih fokus pada riset kata kunci organik dan berbeda dengan SEM yang fokus pada media sosial yang disediakan oleh Google. Oleh karena itu, jika kamu membuat website, akan lebih baik untuk berpromosi di SEO daripada di SEM, karena kamu akan membutuhkan uang atau modal untuk mempromosikan iklan di Google.
Cara Kerja SEO
Setelah tahu apa yang dimaksud dengan SEO, kamu juga perlu tahu cara kerjanya. Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah bagaimana cara kerja SEO. Pada dasarnya, setiap mesin pencari memiliki beberapa algoritma yang membantu dalam menentukan apakah konten tersebut layak mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.
Ini berlaku untuk semua mesin pencari, baik Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Tetapi dalam kasus ini, kami akan mempertimbangkan algoritma Google. Karena Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Jadi lebih baik kita mempelajari algoritma mesin pencari Google.
Google sendiri terus memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang relevan kepada semua penggunanya. Karena itu, kamu perlu melakukan pembaharuan terhadap situs web yang kamu punya agar bisa terbaca oleh algoritma Google.
Manfaat Memiliki SEO
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari SEO. Berikut adalah beberapa detail tentangnya.
Tingkatkan Pengunjung
Dengan SEO, manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk media sosial.
Meningkatkan Fleksibilitas Bisnis
Nilai konversi akan meningkat dengan SEO. Pastikan untuk mencari kata kunci bisnis untuk menarik pengunjung yang ingin membeli produk atau layanan.
Dapatkan Berbagai Macam Pengguna
SEO juga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Cukup buat posting blog, tambahkan judul deskriptif, dan promosikan baik di dalam maupun di luar halaman.
Mencapai Keuntungan Bisnis Jangka Panjang
Dan manfaat terakhir adalah memperoleh keuntungan (profit) dalam jangka panjang. Juga, pastikan kamu selalu mengoptimalkan situs web Anda, melakukan riset pesaing, dan mengikuti algoritma Google yang diperbarui.
Jadi, apa yang dimaksud dengan SEO? SEO adalah solusi untuk meningkatkan halaman website Anda agar ditempatkan di halaman hasil pencarian mesin pencari Google. Ada dua jenis SEO, yaitu SEO on-page dan SEO on-page. Pastikan untuk menerapkan semua indikator yang telah kami jelaskan dan perbaiki algoritma secara teratur. Juga, buat konten yang tidak memiliki tolok ukur dan pengalihan ke pesaing kamu.
Dapatkan informasi lainnya terkait ilmu Digital Marketing di ADSolution.id, Your Busines Digital Solution.